9/14/2008

Perbedaan IT vs IS

IT itu information technology, sedangkan IS itu information system..
beda? ya iyalah... masa ya iya donk.. anak kecil aja sekolah masa sekodonk..

persamaan keduanya yang paling jelas terlihat adalah kata "information" di awal kata keduanya yang bahasa gwnya informasi (kayanya gk perlu dikasi tau segitunya d)
oke..lanjut gw jelasin sedikit arti kata "informasi".. informasi itu ya informasi, anda ngebaca blog ini juga termasuk informasi,, apa yg anda lihat, dengar, dan rasakan itu adalah informasi...
yauda gk usah dibahas lebih lanjut..

balik ke IT vs IS, keduanya adalah bidang studi yang concern ama "informasi", untuk lebih jelasnya kurang lebih seperti ini..

Information Technology (IT)
IT meliputi bagaimana sebuah sistem informasi di sebuah intitusi, apakah keberadaannya sudah tepat, berfungsi sebagaimana yang diinginkan, aman dan mudah apabila dilakukan pengaturan operasional.
Information Technology juga mencakup semua hal yang berhubungan dengan
  • kemajuan computer science and technology,
  • desain,
  • instalasi, serta
  • pelaksanaan Information System dan aplikasinya didalam suatu institusi. Aspek non-teknis seperti menerjemahkan kebutuhan manajemen, dll.

Information System (IS)
IS berhubungan dengan bagaimana membangun dan mengintegrasikan solusi teknologi informasi dengan proses dalam bisnis yang ada sehingga institusi bisnis tersebut dapat mencapai tujuannya dengan efektif dan efisien
Kegiatan dalam Information System mencakup
  • Pengorganisasian
  • Pengumpulan
  • Pemrosesan, serta
  • Penyebaran informasi sesuai dengan prosedur, baik secara manual maupun otomatis meliputi non-financial, financial, dan mixed-system.

mungkin cuma sedikit perbedaan yang bisa gw berikan, jika ada yang ingin menambahkan silahkan jangan sungkan,, sebernarnya untuk Information System gw bisa menjelaskan lebih lagi dari ini, berhubung gw masih baru menjalani mata kuliah ini jadi ya cuma sebatas ini saja dulu.

thx, doain gw di mata kuliah IS ini..

1 komentar:

Asa Vania Rahayu mengatakan...

Hai Aldi...
mudah2an teman2 pembaca makin tau jelas ya sama perbedaan IT dan IS yang lo bilang... Bahasanya mudah dimengerti soalnya...