9/15/2008

Knowledge Management (KM)

Mungkin ada yang blom tau Knowledge Management itu apa. Knowledge itu pengetahuan dan management itu ya manajemen, jadi Knowledge Management adalah manajemen pengetahuan.. Masa sih pengetahuan di-manajemen-in segala. Sekilas mungkin terlihat janggal, tapi ini merupakan suatu paradigma baru di dalam informasi.
Sedikit mengutip pengertian Knowledge manajemen dari wikipedia bahasa indonesia :
Manajemen pengetahuan (Bahasa Inggris: knowledge management) adalah suatu rangkaian kegiatan yang digunakan oleh
organisasi untuk mengidentifikasi, menciptakan, menjelaskan, dan mendistribusikan pengetahuan untuk digunakan kembali, diketahui, dan dipelajari di dalam organisasi. Kegiatan ini biasanya terkait dengan objektif organisasi dan ditujukan untuk mencapai suatu hasil tertentu seperti pengetahuan bersama, peningkatan kinerja, keunggulan kompetitif, atau tingkat inovasi yang lebih tinggi.

Salah satu perusahaan yang sukses dalam mengelola manajemen pengetahuannya adalah Micosoft Corporation. Microsoft Corporation menjadi sukses dikarenakan mereka telah mengupah karyawan dengan intelektualitas dan kemempuan yang tinggi. Sesuai dengan strategi kunci yang mereka gunakan, "Find smart people who know the technologi and the business". Alasan mereka menetapkan standar yang tinggi dalam perekrutan karyawan dikarenakan perubahan yang terjadi di industri ini yang sangat cepat.

2 komentar:

Genta Sanubari mengatakan...

Subhanallah...
KM itu kan mat kul pilhan di TI ya???
cihuy banget fungsi dan manfaatnya....
jadi mw ambil KM semester or tahun dpan ni....
semangat semester 5 ya di....


kurnia23berceloteh.blohspot.com

Md Santo mengatakan...

Sehubungan dg diskusi KM, saya atas nama PT Mobee dg PT BlueMoon Tech sbg holding company mengajak anda ber"social networking", "active colaboration" dan saling berbagi pengetahuan (sharing knowledge) melalui Social Networking Site (SNS) MOBEE KNOWLEDGE COP (COP=Community of Practice) yg heading-nya berbunyi sbb : " Learn how to be in state of LEARNING, GROWTH, and INNOVATION through our Community of Practice (COP) in Knowledge Management (KM)".

Situs menyediakan "explicit knowledge" atau pengalaman/pencapaian PT Mobee sebagai bahan awal forum/diskusi/blog dsb, tapi diharapkan selanjutnya juga menerima bahan-bahan dari luar Mobee untuk diskusi yg lebih luas. Masukan, tanggapan, input, pertanyaan dsb bisa dalam Bahasa Indonesia atau Inggris.

Untuk perkenalan awal dan sekaligus memahami konten kami secara holistik, mohon anda "copy-paste-click" discussion link :
http://mobeeknowledge.ning.com/forum/topic/show?id=2090583%3ATopic%3A2062 ( OUR KNOWLEDGE MAP )

Terima kasih

Md Santo
Knowledge Manager Mobee & BlueMoon Tech